Rabu, 16 November 2016

Blue Fire KAWAH IJEN, Sedikit Datar Banyak Nanjaknyaa

                KAWAH IJEN


                Siapa yang tak pernah mendengar wisata kawah ijen ? Ya kawah ijen terletak di Kota Banyuwangi Provinsi Jawa timur. Kurang lebih 30km dari pusat kota Banyuwangi, apabila anda melalui kota Banyuwangi. Dalam perjalan menuju kawah ijen anda akan di suguhkan trek yang menanjak sehingga jika anda berencana menggunakan mobil, pastikan mobil anda dalam keadaan sehat (pastikan kampas kopling masih tebal) dan anda bersama pengemudi yang profesional. Pasalnya saat bersamaan saya mendapati sebuah mobil Luxio yang gagal nanjak yg kehabisan kampas kopling sehingga tidak mampu nanjak-. Viewnya dalam perjalanan cukup cantik dan di temani udara yang sejuk bin adem, jika sudah sampai di parkiran di sarankan suhu sekitar menurut tourguide saya bisa sampai 8’c dan jika sudah berada di atas kawah sampai 5’c
                Singkat cerita kita telah sampai di parkiran kawah Ijen, sampai disana keluarga saya langsung menuju toilet karna memang sudah tidak tahan saking dinginnya sampai kebelet terus. Tapi apa daya toilet yang hanya satu dan memiliki 5 kamar mandi cewek dan cowok ini tak mampu mencukupi kebutuhan para wisatawa saat sedang akhir pekan yang jelas pengunjungnya membludak. Alhasil antrilah kita lumanyan panjang bisa lebih dari 20orang antrian. Seperti biasa bayar 2000 haha. Oke saya lupa kami berangkat dari kota Banyuwangi menuju kawah ijen pukul 1 malam dan tiba di parkiran kawah ijen pukul 2 malam. Tepat satu jam perjalanan, memang waktu itu jalan relatif sepi karna di atas ternyata parkirannya sudah penuh hanya banyak lalu lalang mobil andalan kawasan ijen yaitu Troper 4x4 yang memang andalan dan sebagai mobil rentalan untuk naik ke kawah ijen yang sangat recomended.
                Langsung saja pukul 2 lebih saya dan rombongan naik ke kawah ijen bersama dengan menyawa dua orang tourguide dan incloude masker buat turun ke kawah ijen, jika anda tidak bawa anda bisa menyewa di atas karna banyak orang yang menyewakan masker dengan harga 20.000 sampai 30.000. perlu di ingat masker ini bukan masker biasa untuk menutupi bau biasa namun masker gas buat anti gas beracun. Trek di buka dengan sedikit datar namun menanjak dan lama kelamaan jalan naik terjal, info dari orang sekitar perjalanan dari parkiran menuju kawah ijen sekitar 3,5 KM dan 3KM tanjakan dan sisanya datar jadi bisa bayangkan betapa panjangnya jalan tanjakan. Dengan trek kebanyakan pasir dan tanah, jika saat turun di anjurkan untuk mengijak tanah dan jangan menginjak pasir karna pasti sangat licin dan anda bisa terpleset. Sepanjang jalan menuju Ijen akan banyak kita temui tempat istirahat di pinggiran jalan. Estimilasi perjalanan jika anda lancar dan pendakinya kuat(jarang istirahat) mungkin 1,5 – 2jam, namun jika sering berhenti untuk istirahat bisa sampai 4 jam. Namun jika anda merasa tidak kuat disini terdapa jasa Troli

, untuk biayanya tidak main-main kalo berangkat sampai kawah ijen tanpa pulang biayanya sekitar 400.000 namun jika anda memilih PP(PulangPergi) biayanya 600.000 itu untuk wisatawan lokal. Kalau turis ada yang matok sampai SATU JUTA, tapi harga ini bukan harga pasti anda bisa menawar dengan persetujuan harga bersama. Dan di atas terdapat sebuah kantin kecil dan diatas lanjutnya sudah tidak ada orang berjualan minuman yang ada hanya jualan sofenir ukiran  dari belerang, dan saya rekomendasikan untuk bawa makan sendiri karna untuk menyingkat perjalanan anda dari pada harus mengantri untuk membayar dan memilih, kantin ini akan anda dapati setelah berjalan sekitar sejam perjalanan lancar. Tapi tergantung perjalanan anda juga cepat atau sering berhenti istirahat.
                Usai melewati kantin, anda akan di sajikan jalanan menanjak yang cukup panjang lagi heheu (padahal kata tourguidenya kalo udah sampek kantin udah deket mas). Oke setelah cukup lama mendaki kurang lebih sekitar 2jam an akhirnya sampai juga diatas puncak ijen, nah untuk melihat blue fire anda harus turun ke kawah dan perlu di ingat untuk turun kesana anda di recomendasikan untuk menggunakan masker gas atau setidaknya menggunakan sarung. Saya tidak merekomendasikan anda menggunakan masker untuk kesehatan biasa, memang bila anda melihat disana banyak warga lokal yang dengan berani turun ke kawah untuk mencari belerang tanpa menggunakan masker atau alat penyaring udara apapun. Namun jelas warga sekitar sudah terbiasa menghirup bau belerang, berbeda dengan wisatawan biasa yang tidak biasa menghirup gas belerang, salah-salah anda bisa sesak nafas nanti. Nah untuk melihat bluefire di sarankan jam 2-4an ya sebelum matahari terbit, karna jika matahari sudah terbit api ini akan kalah dengan sinar matahari. Jangan lupa sebagai wisatawan yang baik jangan meninggalkan sampah sembarangan, serta dahulukan warga sekitar yang bekerja mencari belerang. Hormati tata tertip sekitar.

                 Nah untuk buah tangan anda dapat membeli belerang yang telah di ukir oleh masyarakat sekitar, harganya kisaran 10rban. :)

 foto para ojek Troli menunggu pelanggan

Nah kalo mau turun medekat ke kawah ijen, kita bisa turun lewat sini 




JANGAN LUPA KALO TRAVELING JANGAN TINGGALKAN APAPUN SELAIN JEJAK :)

0 komentar:

Posting Komentar